Masuk

Ingat Saya

Generasi Bhineka Tunggal Ika Melawan Aksi Terorisme

Generasi Bhineka Tunggal Ika Melawan Aksi Terorisme

Salah satu masalah krusial yang dihadapi bangsa Indonesia adalah generasi muda yang saat ini sedang diserang oleh praktik-praktik aksi terorisme dan tindak kekerasan melalui dunia maya. Menurut saya, mudahnya akses dunia maya oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa akan sangat mempengaruhi keikutsertaan mereka dalam melakukan tindakan kekerasan dan praktik terorisme. Prihatin dengan masalah tersebut, saya sebagai seorang pemuda yang merupakan agent of chane tidak akan tinggal diam dan menyaksikan aksi para pelaku terorisme memporak-porandakan kerukunan antar umat beragama di negeri yang memiliki semboyang “Bhineka Tunggal Ika”.

Menurut pengamatan saya sejauh ini, sangat banyak situs-situs yang berusaha mempengaruhi pengguna dunia maya untuk melakukan aksi kekerasan, radikalisme dan terorisme. Pemahaman dan kepedulian saya semakin bertambah setelah mengikuti workshop program damai dunia maya yang dilaksanakan oleh Badan Nasional dan Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Indonesia Backtrack Team. Program yang dikemas dalam bentuk workshop yang dihadiri oleh beberapa organisasi atau komunitas anak muda tersebut adalah salah satu cara yang sangat tepat untuk menyadarkan masyarakat sekaligus mendorong partipasi kami sebagai generasi muda untuk memiliki kepedulian dengan dunia maya. Jika cyber atau dunia maya dijejali dengan aksi radikalisme dan terorisme, maka tentu pengaruhnya akan menggorogoti kepala generasi muda Indonesia untuk melakukan hal yang sama. Sehingga, apabila masalah ini dibiarkan tanpa kendali, maka jangan heran jika di masa yang akan datang tidak menutup kemungkinan aksi terorisme akan semakin menjalar dalam kehidupan masyarakat dan akan merusak persatuan bangsa.

Oleh karena itu, kegiatan workshop atau sosialisasi pemberian materi tentang cara menyikapi dan menggunakan dunia maya menjadi sangat penting bagi masyarakat, khususnya generasi muda. Ketika para pengguna media sosial telah memahami hal tersebut, maka saya sangat yakin bahwa mereka dapat menyaring informasi dan menghindari hal-hal yang berbau terorisme dan kekerasan dalam dunia maya. Sehingga, Indonesia akan tetap menjadi negara yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

#DamaiDalamSumpahPemuda

zulfahmi
Dengan